Tips Tata Ruang Rumah Minimalis yang Nyaman


Penataan ruang dirumah sangat berbeda dengan penataan ruang di bangunan yang lain, penataan ruang didalam rumah harus disesuaikan kehendak dan kepentingan si pemilik rumah. Penataan ruang didalam rumah biasanya di pengaruhi luasnya ruangan, fungsinya ruangan, bahkan banyak orang sangat memperhatikan posisi sesuai prinsip yang dianjurkan feng shui. Penataan ruang rumah minimalis sangat sulit dan rumit karena hal ini disebabkan rumah yang berukuran kecil, tapi kecilnya rumah raungan tetap bisa di tata sedemikian rupa menjadi lebih nyaman. Adanya rumah minimalis karena dibeberapa kota mengalami penyempitan lahan. Dibawah ini beberapa tips menata ruangan agar rumah minimalis kelihatan lebih luas dan terasa nyaman.

Memperhatikan Fungsi Ruang   
Seperti pada konsep rumah minimalis tidak memiliki banyak ruang. Walaupun tidak memiliki banyak ruang, tetapi tetap membutuhkan kejelasan fungsi ruangan. Fungsi ruangan harus diperhatikan agar tidak salah dalam mendesain. Dengan fungsi yang jelas kebutuhan perabot pun dapat disesuaikan.
Seperti ruang keluarga. Maka untuk rumah minimalis perlengkapan elektronik seperti televisi cukup ditempelkan pada dinding, sehingga ruangan menjadi lebih longgar, menggunakan karpet yang lembut dan beberapa bantal yang berukuran sedang. Perlengkapan yang tidak terlalu banyak akan memberikan efek ruangan menjadi lebih luas.  

Penggunaan Warna Dalam Ruangan   
Untuk warna dalam rumah minimalis sangat berpengaruh terhadap situasi yang dimunculkan. Warna yang biasa digunakan biasanya warna yang memberikan kesan longgar, warna tersebut bisa berwarna hitam tetapi tidak sepenuhnya warna hitam dalam seluruh ruangan. Warna dapat dikombinasikan dengan warna kuning atau warna cerah yang lain, untuk langit-langit dapat digunakan warna biru.

Pembagian Sudut di Rumah Minimalis   
Untuk rumah minimalis biasanya dalam tata ruang yang dapat digunakan adalah memanfaatkan pembagian sudut, hal ini dilakukan untuk membagi ruangan yang besar menjadi dua atau lebih fungsi ruangan. Sedangkan untuk membagi atau mempartisi dapat digunakan dengan menggunakan sekat-sekat kaca cermin karena kaca cermin menghasilkan efek ruangan yang lebih luas.
Kreasi tata ruang di dalam rumah minimalis dapat terus dilakukan dengan berbagai eksperimen, terutama bagi rumah minimalis yang simpel dan elegan. Selain itu, dalam melakukan tata ruang rumah biarkan imajinasi atau selera individu bebas bermain, dengan demikian hasil penataan tidak monoton dan lebih unik.




Written by: Rumah Minimalis Sederhana
Rumah Minimalis, Updated at: 12:48 AM