Konsep Utama Rumah Minimalis

Konsep yang paling penting model rumah minimalis sebetulnya adalah kebutuhan sesorang untuk meningkatkan ruangan tertentu menjadi lebih maksimal, tidak banyak perabot atau asesoris yang memenuhi ruangan sehingga lebih maksimal dalam penggunaan ruangan, disamping lebih maksimal menjadi lebih lega dan sirkulasi udara dan pencahayaan akan menjadi lebih baik dan lancar, istilah orang Jawa lebih plong.

Bentuk simple rumah minimalis yang sederhana dan simple, disebabkan karena bentuk rumah minimalis mengedepankan kegunaan dari setiap ruangan yang ada yang menjadi bagian dari rumah tersebut. Memang tidak menampik pendapat orang lain konsep minimalis antara negara timur dan barat model atau konsep minimalis berbeda, barat lebih mengedepankan pada fungsional dan kegunaan dan material yang digunakan, sedangkan pada pada model negara timur lebih mengedepankan kealamian sederhana dam keseimbangan  

Sebelum kita memutuskan memiliki rumah dengan konsep minimalis harus benar-benar memahami sisi-sisi karakter serfa filosofi kehidupan kita sendiri. Karena yang harus diketahui rumah minimalis yang cenderung lapang dan kosong hanya tepat untuk masyarakat yang lebih menonjolkan kepentingan sesuatu yang esensial atau bersifat mendasar, mereka juga mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Tapi jangan salah ada sebagian masyarakat yang memiliki keinginan untuk memasang pernak pernik dirumah mereka, seperti memasang lukisan, foto keluarga dan pernak pernik lainnya. Selama hak tersebut tidak menggangu fungsi sebagai tempat tinggal yang konsepnya rumah minimalis tidak menjadi masalah, tetapi hal tersebut kurang sesuai dengan konsep rumah minimalis.
 
Salah satu dasar membuat rumah minimalis adalah lantai dasar sebagai ruangan tamu, tempat memasak, sebagai garasi, kamar mandi, sedangkan lantai dua sebagai tempat tidur ini akan menjadikan ruang keluarga di lantai dua menjadi lebih lapang dan luas, tentuanya juga disesuai dengan jumlah keluarga, jika keluarga kecil tidak usah membuat ruangan yang terlalu banyak. Begitu juga sebaliknya jika hanya lantai satu konsekuensinya ukuran setiap ruangan disesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa contaoh gambar rumah minimalis lantai 1 dan 2







Written by: Rumah Minimalis Sederhana
Rumah Minimalis, Updated at: 8:17 AM