Taman Kering Rumah Minimalis

Untuk para ibu dirumah yang suka dengan keindahan untuk kaum bapak juga boleh he..he..he... Untuk menghias rumah dan mempercantik saya akan memberikan solusi cara menata rumah dengan beberapa sentuhan membuat taman kering. Yang dimaksud taman kering adalah suatu taman yang tersusun dari beberapa tanaman yang kering atau mati (tetapi tidak membusuk) yang terlebih dahulu di daur ulang menjadi tanaman hias sehingga rumah kelihatan lebih indah dan mengandung karya seni tinggi atau yang biasa kita sebut taman buatan rumah minimalis. Setelah adanya taman kering dalam rumah minimalis kita tidak perlu menyirami kita hanya merawat, menata dan membersihkan saja.
Taman kering biasanya ditaruh diantara sela-sela rumah minimalis anda, biasanya ditaruh yang kurang mendapatkan sinar matahari, walaupun sedikit sempit tapi cukup membantu mempercantik rumah, menambah keindahan yang dibalut warna warni. Taman kering biasanya identik dengan bebatuan yang berwarna warni yang susunannya dihamparkan yang membentuk sebuah bidikan mata yang elok.

Seiring dengan kemajuan jaman kita dipaksa untuk mendengar istilah desain rumah minimalis. Rumah minimalis adalah suatu desain yang bentuknya persegi panjang atau kotak yang tidak terlalu besar, biasanya rumah minimalis tidak mempunyai halaman muka. Dulu desain rumah minimalis hanya digunakan untuk mendesain ruko, namun sekarang ini banyak digemari untuk dijadikan desain rumah pribadi atau biasa yang kita sebut rumah tinggal. Beberapa konsep yang di usung dalam mendesain rumah minimalis adalah taman kering, yang terpenting adalah bagaimana kita menata dan menempatkan taman kering tersebut.
  1. Menata dan menempatkan di samping kiri atau kanan di rak televisi. Hal tersebut berfungsi agar pandangan menjadi lebih indah pada televisi anda berada. Sehingga kita merasakan sedang menonton tv di hamparan taman yang sesungguhnya dan tidak terasa mati melihat barang-barang yang tertata.

  2. Menata dan menampatkan dibawah tangga jika rumah minimalis anda lantai 2. Biasa yang dibawah tangga terdapat ruang kosong, hal tersebut bias kita manfaatkan untuk menempatkan taman kering, sehingga ruang kosong daibawah tangga tidak sepi.

  3. Menata dan menempatkan di ruang tamu rumah minimalis anda. Tatalah sedemikian rupa sehingga taman kering di dekat dengan sofa atau tempat duduk ruang tamu anda. Sehingga terasa sekali corak arsitektur atau desain interior rumah anda. Bila kita mengobrol, mungkin tamu anda akan betah di rumah anda.

  4. Menata dan menempatkan pada bagian selasar atau depan rumah minimalis anda. Dengan bebatuan yang terhampar, ini bisa mengurangi erosi air hujan yang jatuh dari atap genting rumah anda. Selain itu menambah keindahan di sekitar selasar anda agar tanah asli tidak terlihat langsung oleh mata karena tertutupi dengan bebatuan tersebut.
  5. Taman kering bisa juga kita jadikan taman utama. Layaknya taman rumah yang biasa tertata di rumah-rumah modern pada jaman sekarang ini. Ini berfungsi untuk menggantikan struktur asli taman pada porsinya.






Nilai keindahan dan estetika rumah begitu mahal harganya. Selain memberikan kesehatan bagi penghuninya, ini juga berfungsi agar kita betah di rumah. Ada filsafat, “ Rumahku adalah istanaku“. Pepatah tersebut memang benar, rumah adalah bagian dari keindahan dunia. Oleh karena itu, kita di haruskan memberikan yang terbaik agar kelangsungan hidup bisa bertahan.

Artikel tersebut disadur dari karangan Riawan Djack.
Written by: Rumah Minimalis Sederhana
Rumah Minimalis, Updated at: 11:42 PM