Memilih Lantai Kayu Rumah Minimalis

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan jika membangun rumah. Karena selain memperhatikan design rumah yang unik dan menarik, dekorasi yang menajubkan (indah), bahan material yang kita gunakan juga harus yang kuat dan kokoh. Salah satu dari maksud tersebut adalah untuk membangun rumah minimalis, rumah ini sangat di minati oleh keluarga pada saat ini. Hal tersebut karena design yang bagus dan simple dalam membuat rumah minimalis menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi keluarga.

Untuk memperindah dan mempercantik rumah minimalis kita menjumpai banyak pilihan material atau bahan yang menjadi refrensi, seperti dinding/tembok, atap, hingga lantai. Dalam membuat rumah minimalis kita dapat menggunakan lantai yang berbahan dari keramik, marmer, hingga kayu. Pada saat ini lantai yang berbahan dari kayu lebih banyak di sukai olah para pengembang atau orang yang sedang membangun rumah minimalis, mulai dari rumah pribadi, kantor, rumah sakit hingga hotel.

Dari beberapa macam jenis dari lantai kayu, lantai kayu memiliki corak antara yang satu dengan yang lain berbeda-beda dengan lapisan yang berbeda pula. dalam pemilihan model dan jenis lantai yang akan di gunakan kita tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup besar karena kita bisa menggunakan referensi dari bahan kayu yang bagus namun tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.

Jenis - jenis lantai kayu :

Kayu Vinyl

Jenis kayu vinyl adalah kayu yang tersedia dalam jenis ubin berbentuk papan atau lembaran. Kayu vinyl adalah merupakan kayu yang relatif terjangkau jika di bandingkan dengan kayu pelapis lantai lainnya. Permukaan pada kayu vinyl lebih halus jika di bandingkan dengan yang lainnya, karena di lapisi dengan busa di bagian bawahnya, lantai kayu vinyl terasa lebih nyaman ketika di injak. Dengan berbagai jenis warna yang tersedia, lantai berbahan kayu vinyl menjadi pilihan yang sering di gunakan sebab coraknya yang menarik dan indah di pandang sehingga seperti menyerupai model lain. Gambar lantai kayu vinyl seperti dibawah ini :







Kayu Solid
Jenis kayu solid merupakan kayu yang terbuat dari kayu utuh yang bentuknya cukup mewah untuk digunakan pada rumah minimalis. Kayu solid bisa mengembang dan juga menyusut dengan sendirinya. Lantai jenis kayu seperti ini pada umumnya di dibuat dengan ketebalan 10mm hingga 18mm. Jika lantai kayu solid ini mengembang setelah di gunakan maka bisa di amplas agar ketebalannya kembali seperti semula. Gambar jenis kayu solid.










Kayu Merbau 
 
Kayu merbau adalah kayu yang berasal dari daerah Papua, Kalimantan dan Sulawesi. Kayu merbau ini memiliki warna yang cenderung merah kecoklatan, kayu merbau tersebut termasuk kayu yang sangat kokoh kekuatannya sekelas dengan jenis kayu jati. Kayu merbau mempunyai serat putus tetapi tidak lurus dan tidak menyambung, berbeda dengan jenis kayu jati, pada kayu jati memiliki serat lurus tanpa putus pada penampilan kayu tersebut. Kayu merbau seperti gambar berikut :





Kayu Parquet

Jenis kayu parquet memilliki corak warna yang sangat khas dan design yang unik. Kayu parquet terbuat dari potongan kayu dan di letakkan di dalam pola-pola geometris, kayu ini di cenderung di gunakan untuk desain lantai yang dekoratif. Gambar jenis kayu parquet sebagai berikut :


 


Engineering Wood

Kayu engineering wood terbuat dari olahan kayu dengan teknologi multi player. Kayu jenis tersebut bisa dikatakan dengan engineer parket dan memiliki ketebalan hingga 15mm. Enginner wood juga termasuk lantai kayu yang tahan di segala tempat apapun dan bebas dari penyusutan. Gambar jenis kayu engineering wood sebagai berikut :





Written by: Rumah Minimalis Sederhana
Rumah Minimalis, Updated at: 11:28 AM